Selasa, 11 April 2017

Arsitektur Game Engine

Tugas 4 - BAB IV

Nama : Sarah Ramadhanty Putri
NPM : 5A414038
Kelas : 3IA20

Apa itu Arsitektur Game Engine ? 
Arsitektur game engine adalah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan mengendalikan video game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan asisten sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows Linux, Mac OS.
Tujuan digunakannya game engine adalah untuk mempermudah pembuatan bagian - bagian tertentu dalam game, membagi - bagi pengembangan game menjadi modul - modul tertentu dan memudahkan kolaborasi antar pihak.

Tipe - tipe Game Engine
Game memiliki berbagai macam jenis dan ditujukan untuk berbagai kemampuan pemrograman. Berikut ini adalah beberapa tipe dari game engine:

Roll Your - Game Engine
Game engine tipe ini lebih disukai karena gratis, gamke engine ini juga memperbolehkan para developer lebih fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine mereka sendiri.

Mostly-Ready- Game Engine 
Engine ini biasanya sudah menyediakan semuanya begitu diberikan pada developer/programmer. Semuanya termasuk contoh GUI, phisycs, libraries model, texture dll. Game engine semacam ini memiliki beberapa batasan, terutama jika dibandingkan dengan game engine sebelumnya yang benar - benar terbuka lebar.

Point and Click Engine 
Engine ini merupakan engine yang sangat dibatasi, tetapi dibuat dengan sangat user friendly. Bisa membuat game sendiri dengan GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D dengan memanfaatkan coding. Kekurangannya terletak pada terbatasnya jenis interaksi yang bisa dilakukan dan biasanya hal ini mencakup semuanya, mulai dari grafis hingga tata suara.

Contoh Game yang menggunakan Game Engine
CRY ENGINE
Cry Engine adalah saah satu Game Engine yang dikeluarkan oleh German, Crytek. Game engine ini juga sempat menghebohkan dunia game pada tahun 2004. Beberapa contoh game yang dibuat dengan menggukana software ini adalah Crysis, Crysis War Head, Crysis 2, FarCry , Alion : Tower of Eternity. Keunggulan dari Cry Engine sendiri adalah tidak perlu menggunakan spek yang dewa untuk menjalankan game yang dibuat dengan software ini dan pencahayaannya juga sangat bagus.

Cth game engine : Crysis 2

FROSBITE ENGINE
Frosbite Engine adalah engine yan terdapat pada game yang dikembangkan oleh EA Digital Illusions CE yang terkenal degan Serial Battlefield. Grafik yang ditampilkan dalam engine ini sangatlah dahsyat. Contoh game yang dibuat dengan engine sendiri seperti battlefield 3, Need For Speed The Run dll. Game Engine ini tidak mendkung dengan DX 9, dan juga Windows XP.

Cth game engine : Need For Speed The Run

RAGE ENGINE
RAGE ENGINE Seri GTA Menggunakan engine ini. Tetapi pada seri sebelumnya para developer tidak menggunakan engine dari Rockstar sendiri, tetapi menggunakan Renderware Engine milik Criterion. Namun semenjak dunia gaming memasuki era next-gen, developer Rockstar San Diego akhirnya menciptakan RAGE (Rockstar Advanced Game Engine) Engine, dan menggunakan game engine ini dalam produk-produk game next-gen mereka hingga saat ini. RAGE Engine mempunyai banyak kelebihan, salah satunya adalah kemampuan menciptakan dunia open world yang kompleks, penuh detail, dan terintegrasi penuh dengan dukungan seperti A.I script, weather effects, dan lain sebagainya seperti yang terlihat pada GTA IV. Engine ini juga mendukung kemampuan middleware seperti fitur “dynamic-motion” dan “bullet physics”.

Cth game engine : GTA IV

Sumber :
http://dzuuuuul.blogspot.co.id/2015/02/10-macam-game-engine-terbaik.html
https://rickykurn.wordpress.com/2012/03/08/apa-itu-game-engine/
https://www.babastudio.com/blog/10-game-engine-terbaik-saat-ini
http://bloggingbersama.blogspot.co.id/2013/06/macam-macam-game-engine.html

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut