Jumat, 10 Maret 2017

Teknologi Game

Nama  : Sarah Ramadhanty Putri 
NPM   : 5A414038
Kelas   : 3IA20

Tugas 1 - BAB1 PENDAHULUAN 


BAB1

PENDAHULUAN 

1. Jelaskan Konsep Game

Untuk membuat game ada beberapa unsur pentingnya. Terlebih dahulu kita pikirkan raw plan gamenya, apa genrenya, judulnya apa, siapa saja tokoh utamanya, bagaimana jalan ceritanya dan sebagainya. Seiring dengan pembuatan game, kita bisa meningkatkan kualitas game. Seperti menambah detail pada background, membuat fitur baru yang tidak mengubah konsep utama.

2. Pengertian Game

Apa itu Game ?  Permainan vide (bahasa inggris: video game) adalah permainan yaang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang di hasilakn oleh piranti video. Permainan video umumnya menyediakan sistem penghargaan, misalnnya skor yang dihitung berdasarkann tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas - tugas yang ada di dalam permainan.

Kata "video" pada "permainan video" pada awalnya merujuk pada piranti tampiilan raster. Namunn dengan semakin dipakainya istilah "video game", kini kata perminan video dapat digunakan untuk menyebbut permaiann pada piranti tampilan apapun. Sisem elektronik yang digunakann untuk menjalankan perminan video disebut platform, contohnya adalah komputer probadi dan konsol perminan.

Game tidak pernah mengenal umur dan status masyrakat, semua kalangan boleh menikmati game, tua - muda, kaaya - miskin, maupun pria - wanita semua boleh menikmati game. Game memang selalu bisa menghibur semua kalangan dan selain menghibur game juga memberikan dampak negatif yaitu membuat seseorang kecanduan sehingga orang yang memainkannya malas untuk melakukan aktivitas lainnya.

3. Jenis Game

Berdasarkan jenis platform atau alat yang digunakan :
  • Arcade games. yaitu serinng disebut ding-- dng di Indonesia, biasnaya berada didaerah / tempat khusus dan memiliki box atau mesin yang memang kkhusus di design untukm jenis video games, kebanyakan para gamers  erasa "masuk" dan "menikmati" sebuah arti permainan itu sendiiri, didukung dengan perangkat, sepertu pstol, kursi khusus, sensor gerakan, sensor injakkan dan stir mobil (beserta transmisinya tertentunnya).
  • PC Games, yaitu video game yang dimainkan menggunakan Personal Computers.
  • Console games, yaitu video games yang dimainkan menggunakan console tertentu, seperti Playstation 2, Playstation 3 dan Nintendo.
  • Handled games, yaitu yang dimainkan di console khusus video game yang dapat dibawa kemana - mana. Contoh : Nintendo DS dan Sony PSP. '
  • Mobile games, yaitu yang dapat dimainkan atau khusus untuk mobile phone atau PDA.

Berdasarkan genre atau jenis permainnya yaitu :

1. Shooter 
Shooter adalah jenis game yang dimainkan menggunakan sebuah senjata, biasanya pistol, senapan, atau senjata jarak jaauh lainnya, Biasanya tujuan dari permainan ini adalah menembak lawan dan memenangkan misi tanpa harus gugur di medan perang. 
Shooter di bagi menjadi 3, yaitu :

First Person Shooter (FPS)
Adalah Jenis game yang menggunakan sudut pandang orang pertama yang biasannnya kita mainkan tanpa bisa melihat karakter yang kita mainkan, ini maksudkan untuk memberikan para gamers bisa memiliki perasaan "berada disana", dan memungkinkan pemain untuk fokus pada bidikan, sehingga kita hanya bisa melihat tangannya saja dan tidak melihat tubuh karakter yang dimainkan. Contoh: Syndicate dan Battlefield4.

Third Person Shooter (TPS) 
Adalah game yang mirip dengan FPS yaitu game jenis ini juga game tembak menembak hanya saja sudut pandang yang digunakan dalam game ini adalah orang ketiga dan tubuh karakter bisa dilihat keseluruhannya. Contoh : Spec Ops The Line dan Lost Planet 3.

Massively Multiplayer Onlie First Person Shooter (MMOFPS)
Adalah permainan yang dimainkan secara online yang menggabungkan pemain FPS pada sebuah dunia virtual dimana para pemain dapat berinteraksi satu dengan lainnya.

2. Strategi 
Strategi adalah jenis game yang mengaharuskan pemainnya menggunakan taktik dan strategi untuk jelis dalam melihat setiap peluang, kelemahan musuh dan bijaksana dalam menggunakan sumber daya yang ada untuk mengatur suatu unit dan pasukan untuk menyerang markas musuh dalam memenangkan permainan.

3. Racing 
Racing adalah game yang dimainkan dengan mengendalikan sebuah kendaraan untuk memenangkan sebuah balapan atau garis finish daru suatu race.

4. Arcade 
Arcade game adalah jennis game yang tidak terfokus pada cerita, melainakn hanya dimainkan "Just for fun" atau untuk kejar - mengejar point/highscore.

5. Fighting
Jenis game ini memerlukan kecepatan refleks dan koordinasi mata - tangan, tetapi inti dari game ini adalah harus menjatuhkan, mengalahkan bahkan membunuh lawan tandingnya, entah dengan pikulan, tendangan maupun jurus yang spesial.

6. Sports 
Jenis game yang bertemakan olahraga. Pada game ini sistem aturan dan cara mainnya berbeda - beda tergantung jenis olahraga yang di mainkan.

7. Vehicle Simulation
Jenis permainan ini mensimulasi pengoperasian kendaraan, kendaraan bisa berupa pesawat terbang, pesawat tempur, kereta dan kendaraan kontruksi.

8. Adventure
Adventure adalah jenis game yang harus berjalan mengelilingu suatu tempat yang telah didesain sedemikian rupa, seperti sebuah istana, gua yang erkelok, hutan yang jauh. Pemain melakukan navugasi suatu area, mencari pesan - pesan rahasia, memperoleh hartaa karun dan point.



TEKNOLOGI GAME 

1. Bisnis pada game computer 

Game sekarang berkembang dengan pesat. Seperti kita dituntut melakukan pembayaran untuk game tersebut. Maksud dari pembayaran ini adalah bagaimana perusahan game online mendapatkan uang dari gamenya. Selain game online, ada juga game yang dapat didownload dengan free atau yang berbayar. Untuk game yang berbayar ini biasanya memberikan kepuasan tersendiri bagi pembelinya, karena mendapatkan fitur yang bagus didalamnya.

2. 3D Engine 

3D engine adalah sistem perangkat lunak yang dibuat untuk menciptaka dan mengembangkan gambar 3D, fungsionalitas ini biasana disediakan oleh mesin permmainan mencakup mesin render (renderer) untuk 2D/3D grafis. 

3. Scene Graph 

Sebuah graph merupakan grafik yang mempresentasikan geometri, material, dan pencahayaan, scene graph dimulai dari root dengan sebuah virtual universe dan mencakuo transformasi serta geometri untuk mendefinisikan objek dunia maya.
  • Ogre 3D
Ogre merupakan engine yang object oriented & flexible 3D rendering pada game engine yang ditulis dengan menggunakan bahasa C++ serta didesain agar mampur men-developer dengan mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakna utility hardware-accelerated 3D graphic.
  • Processing 
Processing adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman yang bersifat open source yang digunakan untuk memprogram gambar, animasi dan interaksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar - dasar pemrograan komputer dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak.
  • Game Maker
Game Maker adalah sebuah game engine yang bisa membantu anda membuat sebuah game komputer tanpa menggunakna codingan yang banyak dengan bahasa pemrograman. 

  • Unity 3D
Unity 3D adalah sebuah game engine yang berbasis cross-platform (lintas platform). Unity digunakan untuk membuat sebuah game yang bisa digunakna perangkat komputer, ponsel pintar andorid =, iphone, PS3 dan X-BOX. Unity tidak dirancang untuk proses desain atau modelling, dikarenakan unity bukan tool untuk mendesan. 


Sumber :
http://dinyfr.blogspot.co.id/2013/10/3d-engine-dan-scene-graph_20.html

http://blog-habibie.blogspot.co.id/2012/04/unity3d-cross-platform-game-engine.html

https://chikhungunya.wordpress.com/2011/05/26/definisi-game-dan-jenis-jenisnya/

https://stely-novenus.blogspot.co.id/2015/12/bisnis-dalam-game-komputer.html

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut